Menu Close

Bisnis Jasa Desain Grafis, Panen Di Masa Pandemi

Semakin banyak produk yang terjual dan semakin banyak rekan yang bergabung menjadi mitra, semakin banyak pula uang yang dikantongi. Aliansi strategis bisnis bisa dilakukan oleh perusahaan besar maupun UMKM. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM yang terkena dampak dan harus beraliansi antar UMKM.

Karena peminatnya yang tinggi, maka bisnis ini juga dinilai menguntungkan di masa saat ini. Alih-alih memilih produsen populer, ambil keuntungan dari menempatkan uang Anda untuk berinvestasi kepada teknologi dan komponen drone. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di sektor ini, pertimbangkan untuk memilih perusahaan publik.

Kita tidak tahu kapan akan terjadi situasi yang sangat tidak terduga, contohnya seperti pandemi hingga menyebabkan lockdown dan karantina seperti sekarang. Pandemi COVID-19 turut mengubah kebiasaan lama dalam dunia usaha dengan memaksa para pelaku usaha untuk membuat inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah membuka usaha kecil-kecilan atau putar haluan dengan melakoni bisnis berdasarkan demand yang ada di masyarakart. Jualanhand sanitizer, masker, dan ramuan herbal turut menjadi bukti bahwa inovasi harus terus berjalan karena keadaan yang tidak pasti. Karena itu, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis ramuan herbal yang sedang terkenal saat ini karena menjadi salah satu jenis bisnis kecil kecilan yang menguntungkan.

Situasi ini bisa jadi peluang usaha buat kamu, orang-orang banyak nyetok makanan dan minuman di rumahnya, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama. Kamu bisa jual mie instan, makanan kalengan, minuman serbuk, air mineral, dan lain-lain. Sama seperti dropshipping, bisnis afiliasi juga tidak membutuhkan modal. Namun bedanya, penghasilan yang Anda dapatkan berasal dari komisi penjualan suatu produk. Jadi, besarnya komisi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat bersama pihak penjual. Apalagi di tengah masa pandemi, ketika sebagian besar orang beraktivitas di rumah, dan tentu makanan ringan selalu menjadi pelengkap setiap kegiatan.

Warren Buffet adalah contoh paling menonjol dari menjadi investor yang cerdas yang telah menghasilkan banyak uang dari kebiasaan berinvestasi yang cerdas. Pengetahuan ahli anda tentang bahasa lain dapat membantu anda menghasilkan uang. Penerjemah selalu diminati, tetapi jarang ditemukan penerjemah berkualitas tinggi. Jika Anda tidak terlalu mahir dalam memasak, Anda tetap dapat menggarap peluang ini dengan menjadi agen frozen food di wilayah Anda. Terlepas ada atau tidaknya pandemi COVID-19, kebutuhan pokok akan selalu diminati oleh pembeli. Hanya saja, pandemi COVID-19 membuat kebutuhan pokok semakin diburu pembeli karena tendensi orang-orang untuk menimbun stok sebanyak-banyaknya.

Tipe- tipe bisnis yang baik di masa pandemi

Pengusaha konveksi, atau kerajinan-kerajinan tangan mulai membuat strap masks. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika memiliki tugas pokok menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penatakelolaan aplikasi informatika. Ia berharap program UMKM Go Online dapat membuka peluang pasar baru bagi UMKM di Indonesia, baik di ranah regional maupun world. “Terakhir membangun branding dan memperluas jangkauan pasar melalui on-line advertisements. Uniknya melalui berjualan online kita dapat memasarkan produk ke mana saja dan ke siapa saja,” paparnya. Selanjutnya Trias menjabarkan bahwa penjualan secara daring didukung oleh sistem dalam mengecek stok produk, rekap stok, serta laporan penjualan.

Menjalankan sebuah bisnis online sama saja seperti membuka sebuah bisnis “brick-and-mortar” baru. Anda tidak akan mungkin mencapai kesuksesan toko on-line baru Anda hanya dalam waktu 1 hari. Anda juga tidak akan mungkin menjual a hundred produk di hari pertama toko online Anda beroperasi. Anda mungkin juga tidak dapat menjual one hundred produk dalam 1 bulan pertama toko online Anda beroperasi. Akan tetapi, Anda dapat meraih kesuksesan jika ulet dan gigih untuk membawa bisnis eCommerce Anda tumbuh sukses.

Kebiasaan baru yang dimaksud seperti bekerja di luar kantor, keseimbangan hidup, akses ke e-commerce dan layanan pengiriman barang, serta layanan kesehatan online alias e-health. “Orang dan organisasi akan menemukan manfaat dari cara baru hidup dan bekerja. Ini akan menantang bisnis tradisional dan gaya hidup yang ada ,” demikian tertulis dalam analisis Firma tersebut yang bertajuk “Shifts within the Low Touch Economy”. Ketentuan jaga jarak sosial, pembatasan perjalanan, dan kebersihan di masa pandemi corona diprediksi akan membentuk kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat. Sedangkan beberapa regulasi baru untuk mencegah penyebaran virus di masyarakat berpotensi menciptakan period baru bagi perekonomian. Perkembangan beberapa sektor bisnis tersebut karena orang cenderung membutuhkan produknya, baik untuk kebutuhan atau hanya sekedar cara untuk melupakan keadaan sulit.

Dengan melakukan aliansi diharapkan UMKM lebih siap dalam menghadapi era new normalsehingga bisa melewati situasi krisis yang harus dihadapi. Tetapi saat ini, sayangnya bisnis masker dan alat pelindung diri , khususnya N95 di dalam negeri mungkin terhitung baru di bawah 10 perusahaan yang memproduksinya. Sari W. Pramono selaku Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan HIPMI menyatakan bahwa sejak COVID-19 ini sudah naik hampir 77% potensi bisnis masker yang naik. Terutama mungkin yang memiliki bisnis konveksi kini beralih menjadi membuat masker. Harapannya produk MERDEKA dapat diterima oleh masyarakat sebagai suplemen sehari-hari dalam menjaga daya tahan tubuh dalam beraktivitas agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit, termasuk Covid-19.