Menu Close

Asosiasi Mainan Sebut Bisnis Mainan Playgrounds Berpeluang Tumbuh Di Indonesia

Bisnis mainan anak edukatif menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan di kota maupun di desa. Dan setiap hari lebih dari sepuluh ribu bayi lahir di Indonesia. Dengan jumlah anak anak yang berusia nol sampai 14 tahun sekitar 62 juta jiwa.

Mainan tersebut lahir dari serial BIMA S produksi MNC Animation. “Mainan baru dari MNC Group ini diharapkan dapat menstimulasi dan mendorong industri mainan anak dalam negeri untuk terus tumbuh dan berkembang,” kata dia. Agus mengemukakan, performa industri mainan anak nasional menunjukan tren positif. Hal ini tecermin dari capaian nilai ekspornya yang kian meningkat selama tiga tahun terakhir. Pengapalan produk mainan anak menembus 320 juta dolar AS sepanjang 2018, melonjak jadi 343 juta dolar AS pada 2020.

Bisnis Mainan

Bantal yang berbentuk hewan lucu-lucu akan terlihat menggemaskan. Sebagai mainan anak-anak bisa memainkannya seakan bantal-bantal hewan tersebut adalah binatang sungguhan. Ada yang tersenyum, cemberut, marah, tertawa, terkejut, dan bermacam-macam. Bisnis anak sekolah dari ide ini yakni dengan membuat kreasi bola emotikon cukup dari bahan balon. Selain itu, jika memungkinkan anda bisa menjualnya di web dengan sistem pesan dan antar.

Bila sudah berniat untuk memulai usaha mainan anak, ada beberapa hal yang penting dilakukan. Salah satunya merupakan menentukan jenis mainan yang akan dijual. Setelah itu baru menentukan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Usaha mainan anak murah meriah memberikan keuntungan besar, dengan modal kecil. Ketahui jenis usaha mainan anak murah meriah yang bisa jadi pilihan. Jika Anda tergiur dan berminat untuk jenis bisnis mainan anak ini, maka berikut langkah yang bisa menjadi acuan dalam memulai usaha tersebut.

Beberapa rekomendasi mainan anak akan dijelaskan di bawah, jadi kamu bisa memilihnya dari list di bawah. Setiap anak pasti membutuhkan mainan, karena mainan bisa menumbuhkan imajinasi dan sensor motorik si kecil yang dapat membantu pertumbuhan. Selain itu, mainan juga bisa menjadi sarana bonding antara orang tua dengan anak, sehingga para orang tua bisa lebih dekat dengan si kecil. Walaupun sekarang gadget sudah menjadi pilihan para orang tua untuk mainan anak, ternyata mainan-mainan berbentuk fisik masih perlu digunakan.

Produsen berlomba-lomba menghadirkan mainan terbaru dengan harapan bisa laku di pasaran. Di sini, peran pemasar dan distributor sangat penting agar produk tersebut bisa dikenal dan sampai ke tangan konsumen. Penghentian kegiatan produksi di China berdampak besar pada rantai persediaan mainan dunia. Asosiasi Perdagangan Mainan Amerika Serikat, The Toy Association, menyebutkan mengalami kesulitan mendapat angkutan barang untuk mengirim produk-produk mainan ke luar dari China. Apabila belum memiliki modal untuk membuka rumah produksi sendiri, maka Anda bisa menjadi reseller dari pabrik tertentu.

Sebab seperti yang kita tahu, setiap anak pasti membutuhkan mainan sebagai sarana bermain maupun melatih sensor motorik dan kognitif pada tubuhnya. Dengan menyediakan produk mainan yang bervariasi dan bisa bermanfaat untuk perkembangan motorik maupun kognitif, maka bisnis mainan bisa meraup keuntungan yang besar. “Oleh karena itu, salah satu prioritasnya adalah memberdayakan sektor IKM agar lebih maksimal memanfaatkan teknologi digital dan menjalankan proses bisnis digital (e-business),” sebutnya. Hal ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2020. Melalui gerakan ini pemerintah sinergis dengan pelaku usaha dan masyarakat untuk mencintai dan membeli produk dalam negeri.

Kajian dari perusahaan riset pasar NPD Group menyebutkan, mainan yang dapat dimainkan oleh sekelompok orang masih akan diminati oleh konsumen. Di segmen mainan edukatif, dua produk mainan edukatif yang masuk kategori paling banyak dibeli di seluruh dunia adalah Fisher-Price dan LEGO. Produk Fisher-Price yang banyak dibeli adalah mainan susun donat dan mencocokkan bentuk. Merek mainan Fisher-Price yang berada dalam naungan MATTEL.INC ini membukukan penjualan senilai 1,2 miliar greenback AS pada 2018. Untuk menarik kembali pembeli, alangkah baiknya gunakan trik dan suggestions dalam berdagang, misalnya dengan memberikan harga promosi dan juga potongan harga atau bonus tertentu kepada pembeli.

Inibaru.id –Usaha Haula Toys tersebut telah dirintis pasangan suami istri Fuad dan mitra kerjanya beberapa tahun silam. Mereka memproduksi berbagai macam mainan edukasi anak, mulai dari mainan berbentuk goemetri, puzzle, mainan bongkar pasang dan yang lainnya. Mainan-mainan tersebut terbuat dari kayu yang berkualitas dan ramah anak. Omocha Toys se­makin berkibar, hal tersebut dikarena­kan jenis mainan yang disediakan selalu bertambah variasnya. Omocha Toys juga menerima bentuk mainan sesuai keinginan konsumen yang mem­beli grosir dengan jumlah minimal 300 unit.

Namun pastikan anda menjual mainan anak yang sedang pattern, laris manis dan populer. Biaya untuk beli aneka jenis mainan anak secara komplit sekitar Rp three juta. Pelayan toko mainan anak menguasai seluk beluk cara memainkan berbagai mainan anak atau membekali diri dengan knowledge atas jenis permainan anak yang dijualnya. Jika modal Anda belum terlalu besar, Anda dapat memilih menjual mainan yang murah.